Posted in Uncategorized

macam bayek.. penyakit gk elit

julukan penyakit gak elit ini disematkan oleh Ndoro Maklel, pada saat dia tau klo saya kena penyakit itu…
dan emang yang tau saya sakit ini cuma beberapa orang siih wkekekeke….

jadi ceritanya, skitara 2 mingguan lalu pas si mama lagi dateng k jogja… koq di kulit ada penampakan mbruntus merah-merah…. awalnya nyangkain ini kena alergi. karena pas banget sayah barusan ganti merk susu, kayak gk cocok sama susunya gitu kali ya.

tanda merah itu pertama kali ada di telapak tangan …. kata si mama… ihh makanya rumahnya dibersihin donk.. alergi debu tuh !! eh tapi semakin siang si merah sampe masuk ke daerah siku… brarti lebih dari alergi debu, makanya saya mikir dari susu alias alergi dari sesuatu yang masuk ke tubuh…

lohh malemnya malah kedua tangan merah semua…. di kaki pun mbruntusan itu mulai terlihaatt…. arrrgghh mulai parno yg iya-iya… akhirnya mutusin harus ke dokter dengan segera 😛

sabtu pagi, di drop sama simas ke RS… langsung ke dokter kulit… gk pake lewat dokter umum dulu… hwehehehe
pas nunggu di depan ruang periksa … hasssyaaahh ada poster tentang scabies aka budug bin gudig… hadeeeuuhhh jadinya saya beranggapanlah bahwa si saya sakit itu.. karena mbruntusan merahnya sama…… hwahahhaa
*pasien songong bin sotoy yaaa beginilah*

pas dipanggil dokter… dan kulit saya dielus-elus sama dokternya…. diukur suhu badan….
akhirnya dokter menjatohkan vonis… bahwa saya sakit CAMPAK !!!!
dokter cantik itupun mewanti-wanti…. ini baru hari kedua yah mbak.. puncaknya campak belom …
nanti si merah-merah itu merata keseluruh badan… skarang dari tangan sama kaki.. trus ntar mrambat ke daerah pusat mbak….
nantinya mbak bakalan ngerasa linu-linu ajah badannya…

hwahahaa… simas pas tau ttg si campak ini… simas cuma komen… hadeehh.. kayak bayek ajah !! minta dgetok !!!

jadilah selama masa campak itu.. kerjaan saya ngglepak sanah-sinih slama semingguan… heuheuheu

I was a couch potato !!!! hwahahahhaaa
badan berasa macam kentang… yaa kira-kira begitulaaahh

 

 

eehh betewe…. skarang sayah jg lagi nunggu vonis penyakit gk elit laennya… hwahahhahaaa

Posted in Uncategorized

monggo… cuklatnyaaahhh

Kali ini mau ngeripyuw tentang cuklat yang jadi icon kota Jogja, yaitu Cokelat Monggo.

Walo dikata si pabrik cokelat inih masih masuk wilayah Kota Jogja, tp sekitarnya itu masih ndeso lah.. suasana masih asri banget… masih banyak pohon-pohonan guide, cenderung adem untuk ukuran kota jogja, dan yang pasti deket banget sama situs bersejarah Mataram Islam.

Si Cokelat Monggo pabrik bin pusatnya itu ada di Kotagede, kota kecil yang terkenal dengan adanya masjid pertama di DIY pleus pusat pemerintahan Mataram Islam, sebelom pecah jadi 2.. Yogyakarta n Surakarta. Makam Panembahan Senopati gk sampe sekilo dari letak pabrik cuklat itu.

Si pabrik itu sendiri, klo secara radius dari rumah.. gak sampe 5 kilo kayaknya… yang bikin si pabrik terasa jauh adalah jalanan kecil dan berbelok-belok saat menyusuri Kotagede.

Keuntungan laen klo kita dateng ke pabriknya si cokelat inih, bisa incap-incip cuklat yang disediain. Daaaann coklat yg buat incap-incip ini adalah cuklat dengan kadar 58% cacao cuuyyy !!! bukan cuklat ebal-ebel kaaann…

Eiaa…
sayah blom cerita knapa bisa sampe mblusukan k pabriknya si cuklat… soalnya ini adalah sabda dari Ndoro Ayu Maklel di Jurumudi sana… katanya mah dia mau berbakti sama Kanjeng Akung yang mau ke Istana Kauman mblusuk situuh…
tadinya mau ngebeliin coklatnya di mirota kampus aja gituh, tp koq rasanya sayang yaa… lha wong pabriknya si cuklat ini ajah gk jauh gitu dari rumah, Cuma ngelewati 3 lampu merah… sisanya mblusukan hwahahha

Udah gitu… di websitenya si cuklat ada kata-kata yang mengundang… “dapatkan harga diskon” klo semisal kita dateng ke pabriknya… hyuukkss mareeee kakakk !!!

daann ternyataa emaang betooll hwahahaha…. Harganya cenderung lebih murceu untuk beberapa item. Dan yang pastinyaaa variannya komplit bin hokeeh punya… bisa Tanya-tanya pula apa bedanya inih dan inuh…wkekekkeekk pleus incipan cuklatnya hwahahahah hyukkksss

ini ada beberapa jepretan cupuu….. jangan ngences yoohhh

Image

ImageImageImageImage

 

yang klo lagi d jogja… trus minta dianterin ksini… boleeh bangeett laaahh…. wkekekke…

 

Posted in Uncategorized

bukan (maha)siswa di (maha)kampus

hyoohh.. ini side job jadi ndobel sanah-sinih..
main job alias kerjaan utama mah tetep yaks.. tidur bin leyeh-leyeh depan tipih.. nah side job nya inih nambah dengan banyaknya buku yg kudu dibaca…

yg dirasain skarang, emang berasa beud bedanya antara mahasiswa di mahakampus dan mahasiswa di kampus… klo sayah… pernah ada di keduanya.hwehehe…

jadi ya so called mahakampus di endonesah ini adalah.. mreka yg gk usah dsebut namanya, ntah kesambet darimana sayah bisa kecemplung dan tersungkur diantara dua dari mahakampus yg diakui di endonesah… udahlah segitu, bukan cuma sekali.. dua kali saya nyungseb dan ketujleb dsana… mungkin itu yaks yg kata orang, gk kapok-kapok… !!!

apakah saya pintar… nggak juga…. apakah saya rajin… cencuh cidaaak !!! makanya tersungkurnya saya di 2 mahakampus itu semata-mata berkat doanya ortu (kayaknya).. karena sampe malam sebelom SPMB (yes jaman taun 2003-2004) saya malah asik tidur dan terlena….

knapa namanya mahasiswa, karena emang predikatnya melebihi siswa yg biasanya sebutan utk pelajar sampe tingkat esema…

yang saya rasain… kedua mahakampus itu sedikit banyak mewarnai saya..
*selain mahakampus yg pertama berhasil ngasih warna merah-biru di kehidupan saya sampe skarang merah-biru kayak warna lebam kena tonjok yaks*

klo bisa dibilang… saya sendiri sampe skarang masih lebih melekat ke mahakampus yg pertama dibandingkan yg kedua…. I’m not that kind of technocrat nor scientist …. persahabatan, pertemanan saya pun masih lebih akrab ke yg pertama walo cuma numpang setaun dalam rangka cari jodoh *kt dosen wali saya*

yg ada skarang, sy lagi cukup aktif utk ikut diskusi kuliah onlen sanah-sinih-sinuh *sok sibuk*

nah terasa bedanya, semisal utk mata kuliah matematika ekonomi (mata kuliah yg sayah overestimate) .. dikala para mahasiswa di dua mahakampus itu asik bermain dengan cacing integral sampe lipat 2 atau bahkan tiga….
mahasiswa di kampus yg inih… masih bingung bagaimana cara mencari formula antara logaritma dan pemangkatan, bahkan bilangan berpangkat berupa pecahan pun cukup jadi masalah buat mereka….

sayah gk ngerasa ada yg janggal dengan hal itu sampe saya ketemu hal yg beginian …

walaupun tak semua orang di 2 mahakampus itu bisa ngerjain integral (saya contoh kongkritnya) tapi ntah knapa konsep pangkat dan logaritma itu sendiri sering dianggap remeh juga dsana…

yess… njomplangnya standar pendidikan….. !!!!
yang kayak ginih mau distandardisasi nasional….
korban standarnya bocah-bocah yg masih blom ngerti pun persaingan diluar sana macam apah…. anak esempe di kota yg terjangkit internet, baik sehat ataupun gk sehat… kudu menjalani standar sama anak esempe yg ntah kenapa… listrik nyala disana cuma 4 jam per hari, atau malah blom ada listrik samasekali…

trus klo hasilnya dibawah standar gimanah… banyak yg milih putus skolah, eh itu malah bikin kesenjangan yg ada makin besar…

aaahh.. kawan-kawan seperjuanganku (yg skarang)
marilah kita persempit kesenjangan yg ada … kita juga mahasiswa walo bukan mahasiswa biasa… karena kita memang luar biasa !!!
kita memang bukan di mahakampus… tapi, kita bisa belajar tentang indah dan besarnya ke-Maha-an dari Maha segala Maha……

 

*postingan tak biasa dari seseorang yg lagi bete*

Posted in Uncategorized

ngemeng mene(jemen) 2

sambungan yg kmaren yeehh…

James Watt, Jr dan Matthew R Boulton (1769-1848)
dua orang inih jd manajer by default, soalnya dapet warisan perusahaan dari babehnya. nah mreka ini cari cara gmanah biar produktifitas meningkat plus penjualan juga optimal. nah, mreka bikin deh tuh prototype mesin, peramalan pasar dan standardisasi komponen-komponen produksi. di bidang administrasi mereka beresin, contohnya bikin statistik penjualan dan pendataan mesin produksi. untuk bidang personalia, mreka udah mulai bikin tuh yg namanya workshop bin pelatihan buat karyawannya, sistem penggajian dan kesejahteraan karyawan mulai diperhitungkan..

Robert Owen, Bapak Manajemen Personalia Modern (1771-1858)

awalnya si Bapak inih prihatin, karena banyak anak dibawah 

Anak dbawah umur diperkerjakan di pabrik, sampe 13 jam sehari. Bayangin ajah cuy anak abege kerja rodi gituh, dibayar murah pulak! Jadilah si Bapak prihatin liat keadaan fisik dan ekonomi pekerja anak-anak ituh.
Nah kebijakan baru di Pak Owen inih, menolak pekerja yg berusia dbawah 10 tahun. Udah gitu jam kerja dikurangin jadi 10,5 jam saja perharinya. Udah gituh, klo ada karyawan yg belanja di di toko-toko perusahaan, para karyawan jg mendapatkan potongan harga. Cihuuy banget kan cuy!!

 

Charles Babbage (1792-1871)

nah klo Bapak yg satu ini, bukan berlatarbelakang pengusaha ataw mbos dengan segambreng karyawan. Latar belakangnya doi inih ilmuwan matematika alias matematikawan. Trus knapa doi ikut-ikutan nangkring di buku mene, karena eh karena dia punya konsep yg membantu meningkatkan produktifitas perusahaan.

Doi punya pikiran, klo perlunya ada pembagian kerja diantara para karyawan. Pembagian kerja ini jg bisa bikin karyawan punya kecakapan yg khusus. Selain, sistem kerja bisa lebih mudah dengan adanya klompok berdasarkan ketrampilan khusus itu, perusahaan jg gk keluar duit banyak untuk bikin pelatihan inah-inuh beginih begituh.

Misal : ada 50 orang… dibikin 4 kelompok kerja … ada yg 10 dan ada yg 15 orang per kelompok, jadinya kan perusahaan hanya perlu mengadakan pelatihan kecil utk 4 kelompok kerja itu. Dbandingkan jika perusahaan kudu ngadain 4 pelatihan utk seluruh karyawan yg jumlahnya 50 biji itu.

Pak Babbage juga yg bikin cikal bakal kalkulator yg terus bakalan berkembang jadi komputer. Mesinnya namanya Analytical Difference Engine.  

Henry Varnum Poor

awalnya dia ini editor di majalah yg khusus ngeliput berita ttg perkretapian di amrik sonoh, nah si Bapak inih ntah knapa rada gatel sm manajemen yg ada di perusahaan itu. Dia berpendapat klo sistem manajemen yg ada di perusahaan kreta api ituh kudu lebih efektif.

Gmana caranya, nah caranya adalah dengan adanya komunikasi yg baik antara para manager kelas atas, manager menengah, sampe ke golongan pekerja kroco krece gituh.

Udah gitu, pelaporan pekerjaan yg ada juga kudu lebih komplit, walo ngebosenin. Semisal biaya, penghasilan dan tarif si kereta api itu.

Posted in Uncategorized

ngoceh mene(jemen) 1

ngocehnya mene aka dsini..

matkul yg nggak banget.. hwahaha.. karena awalnya udah terlanjur overestimate sama matkul temennya, yg namanya matematika bisnis.. nah si matkul mene inih ntah kenapa bukunya tebel beud brasa buku babon jaman kita esdeh gituh…

12 modul cuy, dimandong semodul nya ntuh ada 2 bahan pembelajaran… jgeerrr !!! total brarti ya ada 24 bahan bacaan yg bakalan keluar di UAS bulan mei besok…. SLAMAAADD yah Cuy…… !!!! 😀

jadi begeneh yaaa.., intinya si mene ini kagak jauh-jauh dari yg namanya politik .. sama-sama bikin gmana caranya orang-orang (utk hal mene biasanya karyawan) nurut sm kemauan si empunya … klo politik kan gmana caranya menghantui orang biar setujuan dan seirama.. nah si mene jg begitu, gmanah caranya biar si mbos bisa bikin karyawannya ngarti bin paham apa maunya si mbos dan perusahaan
(apa deeehh gw ngemeng politik… macam yg pantes ajeeee)

klo kata buku seeh… mene gk buat para mbos bin eksekutip kantor ajah koq…. mene jg penting buat para karyawan kroco-krece bgituh… knapa mene penting buat yg recehan ?? biar ntuh karyawan (baca: loe n gw) gk selamanya jadi recehan, skali-kali punya kuasa boleh laah…. pleus biar epektip dah tuh cara kerja si recehan ituh, gk kbanyakan plintat-plintut

mene yg terkenal…
ada menejemen waktu .. noh gk yg recehan, gk yg dompet tebel, gk yg kumisan, gk yg plontos… gk yg emak-emak kbanyakan tingkah macam eyke bgeneh semuanya butuh kan…. bayangkan sodara-sodara!!!  (dgn suara dalam) klo emak-emak beginjalan inih kbanyakan nangkring depan tipih, apa kabar tumpukan cucian piring, apa kabar tumpukan baju kotor yg kudu dsurung k londreh … klo gk dinyap-nyap pak bos mah bagoss bangett !! *nggak donk simas mah baek hati baek budi*

menejemen hati, nah enih bagiannya AA Gym ajah buat ngoceh yaks… eyke gk kompeten.. maklum jilbaber karbitan…

eehh…
abaikan contoh-contoh diatas yaks.. itu gk ada contohnya di buku… beginih inih yg benernya yaks ..

teori mene itu berkembang seiring waktu …

– Manajemen Kuno, ini dari jaman dahulu kala.. di endonesah sendiri bisa diliat gmana caranya Candi Borobudur bisa njedog di Magelang sonoh, cencunyah butuh ilmu menejemen buat ngatur para manusia yg kerja, arsiteknya, dan kekuasaan dari kerajaan ntuh sendiri (jangan tanya gw borobudur kapan dibangunnya, ini bukan pelajaran sejarah yeehh)

– Manajemen Ilmiah (1870-1930)
tokoh-tokohnya : Frederik Taylor, Frank Gilbreth, Henry Gant, Harington Emerson

– Manajemen Klasik (1900-1940)
tokoh-tokohnya : Henri Fayol, Jame D Mooney, Mary Parker Follet, Herbert Simon, Chester I Banard

perbedaan yg terlihat antara mene ilmiah dan klasik adalah : mene ilmiah biasanya masih berupa teori kudunya beginah-beginuh, lingkup kerja lebih kecil. baru mulai adanya pembagian tugas, tools bin alat bantu masih sering berupa prototype atau ujicoba. Charles Babbage termasuk bapak yg diakui dunia manajemen, walo si Bapak aslinya adalah ilmuwan matematika. Analytical Engine yg diciptain sm si Babbage ini membantu proses manajemen pada masa itu…

 

 

bersambung …..