Posted in Uncategorized

#SalamGigitJari … #SalamTakDapatDimakan

sbenernya judul ini nyomot dari tulisannya ndorowati jurmud pas di WA..
*kpada dia yg akyuh maksud .. gk perlu ngaku*

knapa salam gigit jari disaat orang-orang pada rame salam satu jari atau salam dua jari… ??
karenaaa…….. cuma jari ini yg gk pernah ingkar janji…. *eeehhhh mbok sangka merpati*

ini karena…. harga bahan makanan pokok semakin aduhay syalala….
puasa ajah baru (mau) mulai… harga-harga udah terbang duluan menuju langit….

untuk telor ajah.. slama sbulan trakhir naeknya tuh udah hampir 2 rebu di SPM langganan…. untuk harga di pasar malah udh hampir noel-noel lembut ke angka 20rebu sekilonya….
daging sapi…. udahlah yg ini mah dipastikan glayutan dengan santey diatas 100rebu per kilo nya….
daging ayam…. udh toel-toelan diatas 30 ribu pastinya…

jadi yaaahh……..
para bapak…. makasih lah kepada para emak-emak…. yg tetep bisa nyediain makanan asik asoy di rumah… (karena blom tentu semua rumah punya meja makan…. eyke contohnya)

samho… kata simas…. ada 2 jenis menungso…
membeli untuk hidup… atau membeli gaya hidup…

membeli untuk hidup…
ya udah beli sesuatu ajah… yg penting ambang batas untuk menunjang kehidupan tercapai…
semisal nih yaaa… protein mau dari ikan…
yah namapun ikan kan… bisa ajah beli ikan kembung, selar, atau ikan mas dan mujaer…

nah, saat dia maunya ikan salmon yg fresh dari alaska sonooh….
nah enih lah ati-ati deeh….
bisa emang membeli untuk hidup atau gaya hidup…

salmon gk mungkin lokal yaahhh… klo lokal namanya jadi salem 😛 nah itu mah masih sodaraan sama tongkol
nah alergi sama tongkol kan hal yg umum yaks … jadinya emang gk bisa disalahin  klo dia lebih milih salmon drpada tongkol 🙂 daripada beli tongkol yang gk seberapa tapi abis itu lari ke UGD terdekat karena alergi nya menggila…..

tapi, klo semisal beli salmon karena biar heittzz bin nge-tren….
yah situ ajah yg kepengen eksis ntuh mah 😎

standar orang untuk hidup (hampir) bisa sama lah….
yang bikin beda adalah gaya hidup…. yak tooll !!!

ada untungnya juga sih tinggal di jogja ini….
begimanah mo ngeksis gaya hidup … *macam di forum sebelah*, boro-boro SPM premium atau madu yg namanya improt itu…
kerpul se DIY aja cuma ada 2 bijik…. saingan kerpul…. hipermet .. juga cuma ada 2 bijik…
jadinya apa yg bisa dipake buat standar gaya hidup macam di sebelah 😛

pernah idup di negara yg katanya negara maju….
tp masalah makanan pun… kami jadinya cukup maju disana… hwahahahha *nyombong*
udah pernah ngerasain yg namanya makanan orkhanik inah inih inuh…. nyoba belagak vegetarian jg pernah….

nah dsini….
boro-boro mau belagak idup orkhanik….. pertanian orkhanik nya pun ntah di antah berantah… juauh dari mana-mana…
slogan buy-locally pun jadi terasa garing… macam intip goreng *oh yeah ini salah satu makanan yg hitz dsinih*

skarang…. dengan harga telor biasa… yg udah noel-noel 20ribu… apa jadinya kecukupan protein buat anak-anak kita…
gk usahlah ngomongin kolesterol dulu…
bisa beli telor ajah udah yahuuddd…..

nah klo semacam telor ajah udah susah buat dibeli….
njuk arep makan opoooo…… ???
#salamgigitjari kaaann…

harga-harga makanan naek ini macam slogan iklan (dan klakuan kebanyakan pejabat 😈 )
klo udah naek… males turun

trus… mo apa klo gk turun-turun juga…. yookk maree kita #SalamGigitJari

knapa sibuk #SalamGigitJari , soalnya #SalamTakDapatDimakan

 

*klo gk percaya…. cobain ajah sonoh gigitin daon salam yg biasa ada di masakan*

Posted in Uncategorized

ripyuw : Lotek n Gado-gado Colombo yang di Sagan

Inih tempat makan yg sebenernya segala ada…

Gk cuma lotek n gado-gado seperti namanya… tapi juga ada sate manis, Chinese food (yah nasgor, bihun goreng, mie goreng, cumi telor asin, dan sodara-sodaranya ada laaahh), bgitu juga ada sop n soto gituh…

Tapi tetep yg khas mah sesuai namanya … lotek n gado-gado…

Klo sayah sendiri lebih suka sama gado-gadonya dbanding sama si lotek.. soalnya saya tipe yg kudu bumbunya berlimpah klo buat sayuran gituh, nah si lotek ala jogjes inih bumbunya cenderung irit, alias numpang semir sayuran doang… tidak mendukung hobi sayah yg doyan cocal-cocol pake kerupuk ….

minusnya adalah… si gado-gado inih bumbu yg siap jadi, alias tinggal diguyur diatas sayuran n kupat… ehh iya, si gado-gado disini jg pake telor rebus , dan sayaaahh tidak suka telor rebus 😦 (mirip sama gado-gado surabaya lah)
karena si bumbunya udah siap guyur, jadinya gk bisa disesuaikan sama maunya kita gitu
kadar pedesnya si gado-gado diatur sama sambel dari rebusan cabe yg setia mendampingi saat penyajian..
*haaiihhh… tuuh sambel ajah setia mendampingi, padahal bisa jadi dia didepak*

penyajian gado-gado yg lebih cepat dari lotek juga salah satu kelebihan si gado-gado hahaha…
karena klo lotek ituh, si mbak pasukan uleg nya … slalu penuh sama pesenan lotek yg biasanya lebih bawel, karena tiap orang maunya beda-beda kadar pedesnya…

ada yg kadar pedesnya terukur, semisal minta cabe 15 atau bahkan cuma sebijik cabenya…
ada juga yg nulis secara kualitatif.. semisal pedas, sedang, atau pedas setan (yess, pedas setan adalah suatu kadar pedas yg diakui di jogja ini)

untuk penyajian lotek n gado-gado nya sih… saya cukup bilang OK 😉
soalnya emang gk terlalu lama, bahkan untuk lotek yg kudu diuleg …

nah, masalah adalah ketika kita mesen menu yg gk menstrim alias mesen menu selaen lotek n gado-gado ituh….

pada saat PaMa kesini, Mama rada nge-gahar gituh (mumpung dibayarin si papa jugak sih 😀 ) jadilah si mama n kucrit mesen cumi telor asin…
hyaaaaa ampyuunnn… lamaa beuuudddd ini si cumi nongolnya *zhonk* ❓
jadi ya si papa dan akyuh yg pesen lotek n gado-gado udah hampir abis (porsiannya agak gede dsinih) … si cumi baru dateng hwahahaha… 😈

tapi akhirnya jadi pelajaran laaahh .. untuk gk mesen menu yg aneh-aneh disini, klo pas teng jam rame peminatnya, bisa keburu pengsaaann nungguin pesenan keluar  🙂

eehh ehh…. dsini kita bisa nambah kerupuk sepiring penuh gituh… dan tidak dikenakan biaya…
aahhhh nikmaadd bukaaann….. >:D

ancer-ancer menuju sinih… ➡
ada gang tuh di sagan, yg pas pengkolannya Bungong Jeumpa (ini warung cukup eksis dengan warna merah ngejreng)
nah, bakal ada pertigaan pertama… belok kanan deeh… nah klo udah keliatan banyak motor parkir dan ada warung pake banner warna kuning-ijo… itulah si warung lotek yg dikamsud…

syelaaaamaaaddd mangaaappp !!!!!
😎