Posted in Uncategorized

Bahasa itu indah apa adanya …

Ada quote dari ngatemo yg masih kuinget sampe skarang

Bahasa itu kalo yg ngomong native speaker dan dari tempat asalnya itu yang bener

Rada absurd dan menyesatkan sih emang, terbukti kadang orang endonesah lebih jago maenan grammar dibandingin bulepotan yg terlahir langsung waswewos bahasa inggris …

Tapi, pengalaman hari ini emang beda … ceritanya ngider di pasar, dan ngalamin harus switch lidah ke 3 bahasa berbeda ….

Beli makanan kecil, ternyata yg jual berbahasa jawa, aliran pantura … bukan bahasa jawa mataraman kayak yg d jogja …
Jadilah …
Wes mas, iki bae …
Sik teh, nyong ngitungke kacong …
Suwun mas
(Walo udah pake bahasa jawa ttp dpanggil teteh)

Beli makanan kecil lagi, yg jualan berbahasa sunda tangerang banten
Pak, cokolatos …
Jang..jang… tuh teh neneng menta cokolatos .. naon deui neng?
Roma nu hejo renceng ..
Roma hejo renceng …
Cokolatos biasa euweuh teh, kararosong .. erek naon deui teh
Nggeus we lah …
Nuhun teh

Berlanjut beliin pesenan gado-gado
Mpok, gado-gado satu .. karedok satu
Pedes kagak?
Gado-gado kagak pake cabe sebiji-biji acan, karedok pedes manis … semua kagak pake’ lontong yeh
Iye dah neng … neng noh motornya pindahin onoan dikit … masih lama neng, nih gw masih punya 15 pesenan dikit … mo pergi dulu juga kagak ape-ape neng ..

Hyehehehe …
Ada beberapa kosakata yg gak mungkin banget dipake klo percakapan sm papa mama walo sama-sama d tangerang …
Kagak … ini kucrit jaman skolah sering bgt diomelin sm papa gara2 ngomong kagak
Euweuh, nggeus … jelas udh gk mungkin hahahaa … kasar cuy menurut sundaan ala bandung

Tapi, dengan omongan yg seperti itu … komunikasi kami lancar, gk ada yg ngerasa tersakiti dengan kasarnya bahasa yg dlontarkan… hehehee
Sama kayak papa yg slalu ngomong ke mbahnya (aka mbah uyutku) dengan cerbonan, sdangkan mbah uti (ibunya papa) ngomong ke ibunya sendiri pk bahasa halus …
Hehehehe …

Posted in Uncategorized

Busway tapi gak ada busway

image

Judul yg mbingungi, ya jelas laaahh … karena kenyataannya emang begitu …
Karena emang begitulah busway rasa jogja, alias transjogja ….

Jangan dbandingkan sama abangnya aka transjakarta, transjogja ini blom mapan sejauh ituu …

Busway itu kan seharusnya beroperasi d jalanan yg emang didesain kheuseus buat dia sendiri … gk nyampur dan nyerobotin jalanan milik kendaraan yg lain …. tapi, gak begitu adanya dengan transjogja

Transjogja ini emang salah satu moda transportasi yg okeh …. tapi utk turis !
Atau penduduk jogja yg kepentingannya nguplek tengah kota ajah …..

Sejauh ini, transjogja belum jadi pilihan pertamaku utk.moda transportasi umum d jogja… jujur ajah saya lebih suka naek bis kota alias kopaja alias jalur-jalur itu …
Alasannya simpel aja, rutenya mereka gak gak ribet kayak transjogja yg kita dipaksa ikut muter ngelilingin dalem ringroad ….

Tapi kan si jalur gak ac,
Gk ada masalah sama non-ac nya jalur, toh si jalur gak pernah penuh sampe pasedek-sedek …
Jadinya arus angin yg keluar masuk dalem bis nyaman-nyaman ajah ….

Nah kalo transjogja ini, dengan keadaan bis tertutup, belom tentu ac nya beres juga … nah kebayang kan tengah hari bolong, dalem keadaan bis tertutup … trus ac nya gk beres ….. sauna disko dengan natural yet organic aromatherapy dbaca singkatnya mah bau ketek 😅

Cuma butuh pembenahan sih utk transjogja ini….
Yah gk cuma jugak siihh ….
– pembenahan bis nya
– pembenahan awak bis nya, safety riding bro!
– pembenahan manajemen

Anyhow, yah begitulaaahh… emang kagak ada yg sempurna lah .. semuanya butuh berbenah … tp klo udah malem .. ya transjogja ini boleh laahh …. soalnya si jalur udah gk beroprasi 😁😛

image