Posted in Uncategorized

Bahasa itu indah apa adanya …

Ada quote dari ngatemo yg masih kuinget sampe skarang

Bahasa itu kalo yg ngomong native speaker dan dari tempat asalnya itu yang bener

Rada absurd dan menyesatkan sih emang, terbukti kadang orang endonesah lebih jago maenan grammar dibandingin bulepotan yg terlahir langsung waswewos bahasa inggris …

Tapi, pengalaman hari ini emang beda … ceritanya ngider di pasar, dan ngalamin harus switch lidah ke 3 bahasa berbeda ….

Beli makanan kecil, ternyata yg jual berbahasa jawa, aliran pantura … bukan bahasa jawa mataraman kayak yg d jogja …
Jadilah …
Wes mas, iki bae …
Sik teh, nyong ngitungke kacong …
Suwun mas
(Walo udah pake bahasa jawa ttp dpanggil teteh)

Beli makanan kecil lagi, yg jualan berbahasa sunda tangerang banten
Pak, cokolatos …
Jang..jang… tuh teh neneng menta cokolatos .. naon deui neng?
Roma nu hejo renceng ..
Roma hejo renceng …
Cokolatos biasa euweuh teh, kararosong .. erek naon deui teh
Nggeus we lah …
Nuhun teh

Berlanjut beliin pesenan gado-gado
Mpok, gado-gado satu .. karedok satu
Pedes kagak?
Gado-gado kagak pake cabe sebiji-biji acan, karedok pedes manis … semua kagak pake’ lontong yeh
Iye dah neng … neng noh motornya pindahin onoan dikit … masih lama neng, nih gw masih punya 15 pesenan dikit … mo pergi dulu juga kagak ape-ape neng ..

Hyehehehe …
Ada beberapa kosakata yg gak mungkin banget dipake klo percakapan sm papa mama walo sama-sama d tangerang …
Kagak … ini kucrit jaman skolah sering bgt diomelin sm papa gara2 ngomong kagak
Euweuh, nggeus … jelas udh gk mungkin hahahaa … kasar cuy menurut sundaan ala bandung

Tapi, dengan omongan yg seperti itu … komunikasi kami lancar, gk ada yg ngerasa tersakiti dengan kasarnya bahasa yg dlontarkan… hehehee
Sama kayak papa yg slalu ngomong ke mbahnya (aka mbah uyutku) dengan cerbonan, sdangkan mbah uti (ibunya papa) ngomong ke ibunya sendiri pk bahasa halus …
Hehehehe …

3 thoughts on “Bahasa itu indah apa adanya …

  1. Ketika salah satu sepupu suami yang pernah tinggal di bekasi tahu gw orang Sunda. Dan lama di jekarda
    “Teh si ujang Kiev uwis mandi durung. ”
    Teteh dan ujang.. tapi kalimat berikutnya jawa
    “Teh,lo betah ya pindah dari jakarta. Dimari kan gak dapapanya. Disono tinggal di komplek perumahan keren. Dimarih ngendon di punggir sawah”
    Baiklah…
    Setelah itu ank kos tetangga ngajak ngomong bhs enggres yg gw gagal paham krn dia dari daratan eropa mana gitu. Haha ga paham aksen dan banyak kata yg miss di telinga..

    Tapi itu jadi hiburaaaan

    1. Bwahaha.. betawi sunda yess… wkakakaa….

      Bokap gw soalnya rada polyglot… doi lbih mangstaabb berbahasa sunda halus dbanding emak gw yg makceprot d bandung ..

      1. Haha.. gw aja g nisa bahasa sunda halus…
        Sekarang bahasa sunda gw kluar kl lagi ouyeng ngejer2 Kiev

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s