Posted in Uncategorized

Hari 1, sufism : suka-film-ism

#30HariMenulis
Tema hari ini, knapa suka film …

Knapa suka film,
Karena dari kecil udh dijeblusin di bioskop … pertamakali k bioskop itu skitar 3-4 esde, djeblusin si papa nonton Jurassic park … di bioskop 21 di Citraland (skarang mall ciputra, grogol)l

Film selanjutnya itu Casper kayaknya yg aku tonton d bioskop … di pasuruan, bioskop kelas kampung

Juauuuhh dari sebelum kehidupanku tersentuh yg namanya bioskop, layar tancep udh lebih dulu hadir … sebutlah itu brama kumbara nemplok di burung, atau suzanna yg kemaruk sama sate …

Film itu artinya pergi k dunia lain, dunia dimana yg gak mungkin bisa-aja-jadi-mungkin …
*walo tetep ada yg mustihal, macam di arnold suasanasegar yg hamil di Junior*

Film itu menjual mimpi … yes !!!!
Tp film juga menjual realitas kontras … daun diatas bantal nya Garin Nugroho … atau slumdog millionaire …
*trus gw mendadak mellow karena blom sempet nonton Sokola, yg Pia Nasution jadi Butet Manurung*

Film itu sarana ilmu,
film Prince of Egypt, lumayan lah jadi kisahnya Nabi Musa … untuk bocah-bocah jelas gampang dcerna, yah biar dikata udh punya bocah, tp isi otak sayah masih macam bocah…. 😀

Cerita sejarah, Cut Nyak Dhien..
Christine Hakim kan kereenn banget dsonohh …
Atau pelem fatahillah … juauh lebih mending daripada film hantu baju stengah macam skarang … *ntah hantunya atau pemburu hantunya sih*

Sukurlah skarang lg rame film tema sejarah biografi gitu …. guru bangsa cokro, sang pencerah ahmad dahlan, soekarno, dll
*dan gw blom nonton satupun… yess!!!*

Film itu bisa jadi sarana silaturahmi, yesss….
klo nonton sendirian kan gak asik *jomblo kronis dmanapun mengakui* … jadinya nonton itu rame-rame biar asik … mau double atw triple date juga okeh … atau ketika para jamaah jombloiyah berkumpul yaa tetep sah walo blom punya ijazah
*yg ngrasa ajah*

Atau balik ke masa endonesah di jaman dahuluu….
Gak adalah itu ceritanya layar tancep sepii… pasti rame…
Ya rame yg dateng buat nonton, atau rame yg jualan … gelar tiker atau koran, macam mau sholat ied ajah…
Klo di bioskop makanan wajibnya adalah popcorn… utk layar tancep ada kacang rebus … lebih sehat dan lebih murah :-p
Ketemu tetangga (atau minimal pembantunya tetangga) adalah suatu hal statistik kemungkinannya cukup tinggi walo gk mutlak …

Buatku pribadi,
Film adalah (seharusnya) mahakarya …
Karena ketika idealisme bentrok sama yg namanya budget, atau bahkan orang luar yang dsebut pasar/penonton …
Bukan hal yg mudah pastinya … ada yg punya modal astronomical-numbers, tp secara konsep gak mateng …
Ada yg konsepnya okehh banget, tp ternyata jeblok di pasaran… alasan yg simpel, kurangnya iklan dmana-mana

Ada orang yg rajin dateng k konser-konser musik … sayah (maunya) cukup rajin untuk nonton film ajah…
Cukup tau diri lah, satu tiket konser yg bisa ngeliat si musisi dari jarak dekat itu gak murah …
Lha kalo nonton film, pasti ada bagian zoom-in … gak mau kalah sama sinetron :p sudahlaah, mata saya cukup terpuaskan disana …

Sejatinya, nonton film yg utama itu ya di bioskop … tapi sebagai emak-emak, menikmati film donlotan tak-legal pun sudah cukup membuat sayah hepi …
Karena sesungguhnya tetep ajah bisa buat cuci mata… bwhahahahaa
*evilgrin*

*emak-emak banyak lagak*

2 thoughts on “Hari 1, sufism : suka-film-ism

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s