Posted in Uncategorized

Hari 7, ayo donor darah … !!!

#30harimenulis
#hari7

Tema : baca berita n dbahas bahasa sakarep dewek

Beruntungnya di kota jogja itu hampir setiap erte dapet jatah koran buat dpajang di papan erte. Jadinya semua orang bisa baca koran tanpa harus langganan atau beli …

———

Berita dari KR,
Menjelang bulan puasa stok darah akan semakin berkurang, dan baru akan mengalami peningkatan beberapa minggu stelah lebaran.

Sebagai seseorang yg beberapa kali ndonor, kerasa banget pentingnya ada stok darah itu. Karena antara supply n demand tuh emang gak sebanding. Pendonor baru boleh mendonorkan darahnya lagi stelah 3 bulan. Sedangkan permintaan darah itu dateng tiap hari, dan satu pasien bisa ngemplok beberapa kantong darah sehari.

Klo jaman di kampungnya ndori, masa-masa kritis stok darah itu biasanya pas summer. Karena semua orang sibuk liburan. Dan klo liburannya ke negara tertentu, hak untuk donornya hilang sementara waktu. Dan bahkan ada yang hak untuk donor darahnya ilang seumur idup.

Semisal, kayak eyke inih. Eyke baru bisa donor darah stelah tinggal 3 thn dan gak keluar-keluar dari negara itu n negara atasnya. Alasannya yah pasti karena mreka gak mau darah yg mereka terima itu dapet penyakit dari mana-mana.

Contoh yang kehilangan hak donor darah seumur tuh. Semisal liburan ke Africa (lupa persisnya aprika bagian mana), trus ternyata disana jadi pasien yang harus nerima transfusi darah. Nah tuh, d kampungnya ndori udah jelas bakal ditolak jadi donor darah. Walo semisal donor darahnya udah 10 tahun yang lalu.

Gak semua orang bisa donor, itu pasti ! Kayak bolo-ku si ndoroayu jurmud, itu kayaknya gk akan eligible buat donor. Alesan simpel sih, karena BB nya kurang. Ahh nungguin dia BB sesuai itu harus pas hamil, tp hamil juga gk boleh jadi donor. Jadi kalian para pembaca, jangan ngarep bisa dapet suntikan darah dari doi.

Aku pernah gagal ndonor. Alesan pertama itu karena detak jantung aka heart beats nya terlalu cepet. Bwhahaha… namapun newbie yaks, jadinya itu pertamakalinya mau donor. Semacam nervous disko gitu lah 😀 jadi yah untuk para newbie, klo mau donor darah gk usah nerpeus yaks 😉

Alesan kedua, Hb aka nilai hemoglobin rendah. Yah atuhlah, namanya ngasih darah biar orang laen kadar darahnya normal, masa’ darah yg mau dikasih nilainya rendah. Alhamdulillah, skarang sih Hb lumayan terjaga slalu diatas 13. Kecuali klo lagi kumat tulalitnya. Hehehee…

Alasan ketiga, yah itu tadi … masalah administrasi, kayak semisal blom ada 3 bln dari terakhir donor… ataupun masalah dari negara antah-berantah …

Kenapa sih pemeriksaan ini-itu penting?
Soalnya, biar dikata banyak orang yg butuh darah, keadaan si pendonor aka kita sendiri itu tetep jadi main concern. Semisal klo flow rate darahnya lambat, yang ada si pendonor nantinya jadi malah lemes atau pingsan. Nah malah makin rempong bin paciweuh bukan?!

Diharapkan untuk mengisi 1 kantong darah itu si pendonor gak sampe 15 menit. Pengisian kantong darah bisa aja dihentikan, walo si kantong belom penuh. Karena dirasa udah terlalu lama waktu pengisiannya.

Hmmm …. apalagi yaks…
Yaaahh pokoknya donor darah itu okeehh bangettt … gak sakit koq… biasa ajah… 🙂

Semakin sering kita berdonor, akan semakin mudah juga si darah buat ngocor masuk ke dalam kantong. Kita jadi tau enaknya posisi yang gimana dlm donor, dan waktu optimal pengisian satu kantong itu.

Beteweh, gw trakhir donor bln november … hahahaa brarti udah stengah taun yg lalu hwakakakakaaaa
*nggambleh thok*

*emak-emak banyak lagak*

5 thoughts on “Hari 7, ayo donor darah … !!!

  1. Ih keren donor sering ya. Kalau di LN aturannya lebih bener jeknya. Disini mamang2 beca dulu suka banyak nongkrong deoan rs or pmi juak donir, padahal baru semingguan donor lho. Kata mereka sendiri. Entah sekarang ,, semiga udah ga asal juga

      1. Eehh gw pas ultah glzoo rutin donor …
        Alasannya .. biar dpt gratisan masuk glzoo bwhahahaa…

        Masuk glzoo modal darah :p

      2. Haha bagus dibg amal dapat pahala dapat gratisan. Gw mah dah lama gak jalan2. Paling ngemoll and ngemil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s