Posted in Uncategorized

Ripyuw, purbasari matte no 88

image

Haii haii…
Ini dark side gw mau ngikut eksis … stelah postingan gw beberapa bulan yg lalu ituh.. yg bingung mau dbawa kemana si blog ..
Jadinya yaahh gw kudu mengembalikan si blog ini kepada fitrahnya …

Nah fitrah si blog adalah.. tong sampah wadah runtah ..
Alias segala unek-unek bisa gw ceblusin aja dsini … 😂😂😘😘

Jadi, ini ceritanya salah satu brand lokal pemaen lama… cuma baru-baru ini ajah lipennya heitzz di medsos …

Gw sendiri udah pake merk purbasari utk foundie pas ndori pentas, karena dia punya foundie yg warna coklat banget …
Cuma emang gw blom nglirik ke lipstick nya …

Nah, kata temen yg daerahnya sekali ngegas bajaj dari blok M udah sampe… si purbasari ini justru susah dicari di jekardah, jadilah banyak olshop2 yg ngejualin si lipen ini sampe harga 45 rebu ..

Hweeewww emeyziing skaleee… gw beli lipen itu harganya 30.500 rupyah.. di mirota kampus bwehehehe

Okeeyy…
Sebenernya gw galau sih mo milih warna orange-ish ini sama warna cuklad d sebelahnya … 😫
Tp akhirnya milih si oren ajahlah… bwhahaa… krna yaaa msh bisa lah dipake anter jemput ndori skolah .. *pliss abaikaann karena itu pasti tipuan*🙈🙈😹😹

Packing nya okee… ada bumper yg berupa lipetan kerdus didalemnya… lipen yg harga 70rb malah gk ada …

Tapii si lipennya cungkring bgt uuyy… dan tester d mirota ajah udah banyak yg gak berbentuk …
*harga 30 rebu, njaluke okeeehh* 🙌

Nah karena dia matte… jadinya kering eduunn … untuk warna yg lebih gelap .. skali oles okeeh.. tp yg terang-terang masih rada sheer …

Nah, gw pake nivea lip butter (ripyuw menyusul) dulu itu di poto … trus pake tisu, di-blot bibirnya … baru pake lipen …
Gitu deh hasilnya …

Eehh harusnya gw bikin poto yg dengan n tanpa lip butter yaakss … mangaapp sayaaahh tulaliitt 😴

Betewe… gw masih kepikiran yg coklad ituu hwehehee

Ini penampakannya beda lagih… jd kykna emang tgantung cahaya..

image

Hweheheeeee

*emak-emak banyak lagak*

Posted in Uncategorized

Ripyuw, Sambel Welut Pak Sabar

image

Hokeeeyy…
Teaser bin spoilernya sih udah ya kmaren… wkekek trus gw utang deh untuk ngeripyuw d blog …

Si sambel welut ini tiap hari klewatan klo mau balik lewat jalan Imogiri Barat …

Klo dr arah kota, si Sambel Welut ini kudu ambil jalan Imogiri Barat dulu … masih lebih mengidul aka ke arah selatan dari perempatan ringroad wojo (atw imo barat)

Terus aja ikutin jalan sampe ketemu pertigaan gede yg kedua … pertigaan gede pertama itu yg ada New Zealand Milk n Steak … nah, kurleb sekiloan dr si nyujelan ada belokan gede lagi ke arah kiri ….
Cussss belook deeehh ….

Gk jauh dari prempatan itu nanti ada mesjid/musola sbelah kanan … kliatan ada kuburannya juga …
Nah tuh si sambel welut persis depan kuburan …

Jenis dedagingan yg dtawarin cuma 3, yaitu … welut aka belut … wader aka ikan kali yg piyik banget … sama kuthuk alias ikan gabus  …

Berhubung gw newbie jg ksitu …. jadinya pas kesono gagap juga … mbak nya nanya mau brpa belut gorengnya … karena yg dtanyain bukan porsian… tp berat si belut yg mau dimakan …

Yesss….. harga makanan berdasarkan beratnya …
Untuk belut goreng n sambel belut… gk ada pembelian minimal beratnya … kmaren itu gw beli 3 ons aka 300 gram …
Sama wader sih yg gk ada mnimal pembelian juga… ya iyahlah, wader sekali nyerok 7 turunan langsung musnah 😁👅

Nah menunya ada belut oseng, kuthuk goreng, kuthuk oseng, belut goreng, sambel belut, tahu tempe, sm wader …

Belutnya gede-gede, bukan tipikal belut di rumah makan padang yg kurus cungkring gitu deh 

image

Nyesel juga sih, knapa gk pesen sambel welutnya … heuheu… karena justru si sambel inih yg banyak ripyuwnya dmana-mana …. simpel ajah sih, gw masih sayang sm organ pencernaan … daripada terjadi kasus bolak-balik kamar mandi heuuheuu
*okeeyyhh gw cupu gk brani makan sambel yg berdasarkan ripyuw pedes banget*

Semua pesenan termasuk lalapan yg cukup banyaak… lalapnya itu bayem mateng, timun, sama kemangi … oh iya, untuk penambahan sambal kena 2 ribu rupiah … ada sambel bawang, sambel tomat, sambel kecap …

Untuk harga… lumayan bikin duit jogja ini menangis terluka … *eehh dompet gw aja mungkin yg sensi*
– belut goreng : 120rb/kg
– sambel welut : 130rb/kg

Untuk ikan gabus dan menu belut oseng, pemesanan minimal stengah kilo … untuk harga 130rb/kg nya …

Kmaren itu gw makan belut goreng 3 ons, nasi 2, es teh 1, es jeruk 2 …
Abis 56 rebu … 💸💸💸

Naahh minumannya inih juaraaa !!!! 🏆🏆
Baik teh maupun jeruk, dsajikan pake gula batu … udah gitu es nya terpisah di gelas yg laen … jadinya yg suka ngerasa ihh minumannya sdikit karena kebanyakan es… gk usah khawatir …
4 ribu rupyah harganyaaa 👍
Teh nya juga pekat … dan gula batunya endeus ..
Jeruk nya … enyaaakk … 👏😋

Maauuu siihh ksinii lagiihh … tp kayakna kudu nabung …
Pilihan yg berat antara belut atau lipsticks 💋

*emak-emak banyak lagak*

Posted in Uncategorized

brotkes, aer garam dalem ember

sebenernya pengen nulisnya ini kolaborasi sama simas, soalnya secara keilmuan simas jelas lebih mumpuni daripada nyah-simas yang tulalit dongdong inih… tapi yah namapun saya sedang ngejomblo, simas lagi menikmati kemacetan di Kota Malang … jadinyalah gw nulis ini sendirian ajah, seperti kesendirian dimalam minggu nanti.. *tsaahh gw gk mau kalah sama jomblo kronis diluaran sana*

nanti, klo ada yg perlu diralat.. stelah konsultasi sama simas… gw bakalan apdet diblog … dan gw sih sebenernya gak yakin, bahasanya simas bakal dimengerti sama emak-emak rempong … jadi cukup gw ajah yg mencerna bahasanya simas… bwehehehee….

jadi ceritanya, tadi pagi dapet brotkes di grup waslap, dan ada yg posting di pesbuk… begini tulisannya

copas dari grup sebelah

Tolong bantu saudara kita di jambi. Disana hanya tersisa 5% udara yang layak.
Hanya dengan langkah kecil.

Darurat Asap !!

Sediakan baskom air yang dicampur garam dan diletakkan diluar, biarkan menguap, jam penguapan air yang baik adalah sekitar pukul 11.00 s.d jam 13.00, dengan makin banyak uap air di udara semakin mempercepat Kondensasi menjadi butir air pada suhu yang makin dingin di udara.
Dengan cara sederhana ini diharapkan hujan makin cepat turun, semakin banyak warga yang melakukan ini di masing-masing rumah, ratusan ribu rumah maka akan menciptakan jutaan kubik uap air di Udara.

Lakukan ini satu rumah cukup 1 ember air garam, bsok Sabtu tgl 12 Sept, jam 10 pagi serempak..

Mari kita sama2 berusaha utk mnghadapi kabut asap yg kian parah ini..

Mohon diteruskan..
Terima kasih 

naahh begitulaah….
jarang-jarang niih gw mo nulis blog intelek kayak gini…. jadi mendingan baca yg bener yaks 😛

teknologi modifikasi ujan gituh, biasa dsebut cloud seeding …. alias ngasih subal atau bahan tambahan laen ke awan, biar si awannya cepet jenuh, terus jadi ujan … ini maksutnya biar kabut asap ataw haze yg terjadi di Sumatera sana cepet buyar …

permasalahan disini adalah konotasi GARAM yang digunakan….
garam menurut emak-emak pada umumnya ya garam dapur, yang biasa dipake saat masak… sedangkan pengertian garam secara kimia itu, hasil reaksi antara asam-basa, selaen aer … jadi klo si asam sama basa bereaksi … hasilnya itu aer sama garam …

garam dapur itu NaCl (natrium klorida), sedangkan jenis garam yang biasa digunakan sebagai bahan pembibitan di awan itu biasanya AgI (perak iodida), KI (kalium iodida, potassium iodide ), ataupun dry ice (padatan karbon dioksida) …

untuk teknologi penggaraman awan, biasanya pake pesawat yang langsung terbang ke atasnya awan cumulonimbus, terus nembakin larutan garem yang dia bawa,
ataupun pake generator khusus semisal mau dlakuin dari darat, jadinya si mesin itu nyemprotin larutan garam yang sedemikian rupa, dsembur langsung ke awannya

*gambar nyomot di https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Cloud_Seeding.svg

nah klo semisal larutan garam dapur *biar  rada ilmiah dikit bahasanya jadi larutan, padahal mah garem yg dguyur aer* , ditaro di ember terus dipanasin dluar ruangan… dengan tujuan bikin ujan… yang ada nantinya malah si garem yg tertinggal terus mengerak ajah di dasar ember…. aernya doang yang menguap …. yang ada nantinya malah eksperimen bikin garem klo kata Pakdhe Anis…

tapi bener.. itu salah satu modul praktikum kimia koq 😉 nama prosesnya rekristalisasi …. jadinya mengkristalkan kembali garam dapur yg sebelumnya larut dalem air…

nah balik lagi ke masalah ember….
emak-emak nantinya malah harus berkorban ember… karena, garem yang ngerak di ember itu jelas harus dbersihkan … belom lagih nantinya klo si ember terus-terusan dijemur matahari… si ember bakalan jadi rapuh, terusnya jadi gampang pecah…. nah loh, ntar klo embernya pecah kita harus beli ember baru dong 😦
*antara apatis, egois, dan medit bin koret collide* *evilgrin*

yaahh bolehlah ngecap gw inih emak-emak tak berperasaan, sempet-sempetnya posting beginian disaat kabut asap lagi rame menimpa sodara-sodara di sumatera sonoh…. apalah gw inih yang IPK nya aja diragukan …. tp kan IPK nya simas bisa dbanggakan *loh*

yah gw cuma pengen sih, emak-emak ini gak heri geje *heboh sendiri gak jelas* ketika dapet brotkes macam begini-begini …. yah emang gk semua emak-emak punya dasar kimia yang kuat… *termasuk gw, gak ada yg tau kan gw pernah dapet D di kimia analitik *

udah dapet D, terus eksis pulak ngebahas beginian di blog,,, 😀 yaaa boleh dong.. daripada gk ada yg klarifikasi masalah beginian…. bwehehehee….

temen ada yg komen, beginian inih emang harus diklarifikasi… nanti yg salah paham malah kepengen nimpukin garam batu (garam dapur yg berbentuk macam stupa) langsung ke awan..
iyah klo tuh garem sempet nyampe k awan, klo nyampenya cuma ke Bumi sama Langit gmanah… ini nama orang loohh… yg ada benjol-benjol lah tuh pala orang 😛

————————
Update …
Ini komenan yg rada mencerahkan dari pakbojo nya mbakyu Nurin
Ijin komen ya mbak : saya pikir ini ide yang cerdas. analoginya seperti gerakan 1 orang 100 rupiah. jika ada 10jt orang, maka bisa terkumpul 1 M. nah begitu juga ide dari brotkes tersebut. musim kemarau di Indonesia dikarenakan angin kering yang berhembus dari benua australia. saking keringnya, awan susah terbentuk. bahkan uap air dari lautan indonesia yang segitu luas saja, masih juga susah membentuk awan. makanya, mari kita serukan gerakan 1 rumah satu baskom uap air. jika ada 10jt rumah akan ada 10jt baskom uap air. harapannya, semakin banyak uap air di atmosfer indonesia, mudah2an semakin mudah terbentuk awan2, syukur2 jadi mendung dan kemudian hujan. caranya gimana? hayuk, siapkan satu baskom air setiap rumah, untuk diuapkan. setiap hari, satu baskom uap satu rumah.

hubungannya sama garam gimana? secara teoritis, penambahan garam(garam apapun, garam dapur, garam batu, dll.) akan menurunkan tekanan uap air (sifat koligatif). semakin tinggi nilai tekanan uap suatu cairan, maka cairan tersebut akan semakin mudah menguap. sebagai contoh,pada suhu ruang air memiliki nilai tekanan uap 17,5 mmHg sedangkan metanol(spiritus) memiliki tekanan uap 92 mmHg. artinya, pada suhu kamar metanol akan jauh lebih mudah menguap. penambahan garam, akan menyebabkan penurunan tekanan uap dari air, yang artinya, malah membuat air tersebut semakin susah menguap. jadi ya gak bener. maunya air mudah menguap, malah yang terjadi sebaliknya air akan sudah menguap.

Jadi : idenya cerdas(menambah konsentrasi uap air di udara indonesia) tapi caranya salah(menambahkan garam pada air di dalam baskom), dan gak lucu. sudahlah kita kekurangan air, air yang ada malah diuapkan. demikian 

Posted in Uncategorized

Loe jual… gw gusur

Udah biasa lah yaa istilah loe jual gw beli ..
Nah ini makanya loe jual, gw gusur 👅

Knapa gk dbeli ajah yg jualan-jualan itu?
Klo katanya neng Meja, it’s all about money .. 
Yaa eyalaahh hari ginih masih sibuk blenjong-blenjong macam punya pabrik duit, sampe duitnya gk berseri mah udah gk zaman ….
Jare pak presiden wae, kerja kerja kerja … !!!
*cucian piringku wes rampung Paak.. umbah-umbah di subkon k londri … trus kon kate opo?*

Knapa gw gusur …
Yaa kadang ada lah pedagang-pedagang nyebelin yg nawarin dagangannya keterlaluan … ya maksa-maksa lah…. ya gk mau nurunin harga lah *eh curcol*, dll

Trus kt aa gym kan .. *ciee critanya gw lg insap*
Jangan sampe apa yg orang lain lakuin, mempengaruhi kita …
Ai bahasa okemnya mah… aing mah aing, lain kumaha dinya
*gugel trenslet plisss*

Yaahh sudd lah…
Gw klo lagi capek, bawaannya jelas esmoni tingkat dewa kan yaa… gk perlu kesentil masalah aja gw bisa ngamuk-ngamuk ayoye syalala disko …
Nah apalagi kesundut api masalah … *tsaahh bahasanya*
Yg ada tuh manusia yg nyundut gw suruh nelen korek apinya sekalian .. *okeh lebay, nanti gw kena pasal percobaan pembunuhan*

Jadilah salah satu cara untuk ngejauhin pedagang resek ini dengan cara ngegusur atau nyuekin ..
Istilah populernya mah IGNORE

Ngegusur mreka dari pikiran kita …
Kagak ada pungsinya mreka nyantol di pikiran kita… bayar pajak nggak… bayar pungli jg kagak … malah ninggalin sampah …
Klo yg perlu diberesin mah remah-remah cinta, bisa diasongin ke jombloers sejagat …
Lhaaa ini.. sampahnya tumpukan emosi … mau ngebakar sampah, apa gk kasian nambahin asep yg udah bredar di Riau?

Yaah syuddd pergi sajah kauu pedagang reseekk
Syuuhhh syuuhh🎤🎤🎤

*emak-emak banyak lagak*

Posted in Uncategorized

Toleransi 101

Mau posting hal ini jg salahsatu alasan gw deactivate pesbuk … karena bakal rame ajah d pesbuk, dan gw gk mau nanggepin hahahha … trus nanti banyak yg njapri … ini lebih ngemalesin lagih

Judge me as you want ..

Buat gw, bocah juga perlu diajarin tentang perbedaan … apapun perbedaan itu …
Gak selamanya kan bocah ada di ketek emaknya …
*eh beda-beda deng, ada yg sampe udah branak pinak masih ngarep sm emak*

Ngomongin perbedaan warna kulit, gk slalu urusan rasis … yah macam gw bertiga di rumah .. perbedaan warna kulit udh jelas, dan ndori yang bete knapa si ambu yg warna kulitnya beda sendiri … wkekekeke

Perbedaan agama juga,
Ndori itu skarang lg penasaran sama klenteng … karena pas nonton iklan … ada kata2 Konghucu, atau Kopuco klo menurut pendengaran ndori … 😹
Jadi ndori nanya, kopuco itu ibadahnya dimana … karena emang si kopuco ini ntah knapa gk masuk d kurikulum pengenalan agama d skolah ndori … *ehh ato skolah laen jg yaks*🙊

Yg sbenernya bikin rame adalah perbedaan yg ada dalem 1 agama yg sama… gw ngambil Islam, karena emang ya disitu yg gw alamin …🙀

Jadi critanya makan bareng sama temen n anak-anaknya di suatu pojokan Tamanan, Bantul …

Nah pas mau makan,
Ndori otomatis baca doa makan sesuai yg diajarin d sekolahnya …
Allahumma bariklanaa … …

Nah yg jadi masalah saat anaknya temen yg beda kurikulum skolahnya …
Dia menganut yg baca Bismillah aja cukup,

Jadilah rame pas tuh bocah-bocah mau makan … tuh bocah teriak2… kt ustadzah bacanya bismillah ajah …
Ndori yg gak tau klo dia yg dimaksud, terus mbaca si doa mau makan …

Si bocah makin meradang, buntutnya ngegebrak meja …
Kirana, bacanya bismillah aja.. gk usah banyak-banyak …

Gw yg tadinya cuma jd penonton jd ngerasa perlu untuk nyemplung …🙋 karena gebrak meja itu mengganggu khusyuknya madhang 😜
+ Ya gpp dong klo kirana baca doanya panjang …
– gk boleh, kt ustadzah cuma bismillah
+ kan kirana sekolahnya beda sama *tiit sensor* , kirana diajarin di sekolahnya bgitu ..
– tapi cuma bismillah ajah, kt ustadzah

Dan gw heran, knapa si emak bapaknya diem ajah sih… zzzighhhh ….😪
Akhirnya ya udah gw nyuruh ndori makan aja, toh ritual berdoanya udah slesai …

Menurut gw, gk ada yg salah… semuanya bener… kan mengharap keberkahan atas makanan yg mau dimakan …

Yg jadi masalah adalah saat adanya doktrin-doktrin (tanpa nalar) untuk bocah2 itu …
Coba yaa masalah mau makan ajah udah ribut ….
Gmanah mau ngurus perbedaan yg lain …

Gw ajah yg sama simas lebarannya pernah beda, gk rempong gitu …
Ya idul adha taun kmaren …
Simas lebaran duluan… jadinya dia plg sholat ied, malah sibuk brentiin tukang jualan yg lewat … karena seisi rumah yg laen masih puasa …

Rempong? Kagak tuh biasa ajah …
Malah si papa yg ngasih tau dmana ajah biasanya ada sholat ied yg diadain sama Muhammadiyah…

Aaahhh…
Tapi apalah gw ini, yg berhijab syar’i pun nggak … sukanya baju yg gonjreng … skali-kalinya pake gamis syar’i, ujung gamisnya malah gosyong kebelit mesin motor …
Heuuheuu

Dan masih suka parno jadinya pake gamis-gamis cyantik ala-ala selebgram gicuh … 🙌

Sayaahh maceuuhh 😝

*emak-emak banyak lagak*