Posted in Uncategorized

Toleransi 101

Mau posting hal ini jg salahsatu alasan gw deactivate pesbuk … karena bakal rame ajah d pesbuk, dan gw gk mau nanggepin hahahha … trus nanti banyak yg njapri … ini lebih ngemalesin lagih

Judge me as you want ..

Buat gw, bocah juga perlu diajarin tentang perbedaan … apapun perbedaan itu …
Gak selamanya kan bocah ada di ketek emaknya …
*eh beda-beda deng, ada yg sampe udah branak pinak masih ngarep sm emak*

Ngomongin perbedaan warna kulit, gk slalu urusan rasis … yah macam gw bertiga di rumah .. perbedaan warna kulit udh jelas, dan ndori yang bete knapa si ambu yg warna kulitnya beda sendiri … wkekekeke

Perbedaan agama juga,
Ndori itu skarang lg penasaran sama klenteng … karena pas nonton iklan … ada kata2 Konghucu, atau Kopuco klo menurut pendengaran ndori … 😹
Jadi ndori nanya, kopuco itu ibadahnya dimana … karena emang si kopuco ini ntah knapa gk masuk d kurikulum pengenalan agama d skolah ndori … *ehh ato skolah laen jg yaks*πŸ™Š

Yg sbenernya bikin rame adalah perbedaan yg ada dalem 1 agama yg sama… gw ngambil Islam, karena emang ya disitu yg gw alamin …πŸ™€

Jadi critanya makan bareng sama temen n anak-anaknya di suatu pojokan Tamanan, Bantul …

Nah pas mau makan,
Ndori otomatis baca doa makan sesuai yg diajarin d sekolahnya …
Allahumma bariklanaa … …

Nah yg jadi masalah saat anaknya temen yg beda kurikulum skolahnya …
Dia menganut yg baca Bismillah aja cukup,

Jadilah rame pas tuh bocah-bocah mau makan … tuh bocah teriak2… kt ustadzah bacanya bismillah ajah …
Ndori yg gak tau klo dia yg dimaksud, terus mbaca si doa mau makan …

Si bocah makin meradang, buntutnya ngegebrak meja …
Kirana, bacanya bismillah aja.. gk usah banyak-banyak …

Gw yg tadinya cuma jd penonton jd ngerasa perlu untuk nyemplung …πŸ™‹ karena gebrak meja itu mengganggu khusyuknya madhang 😜
+ Ya gpp dong klo kirana baca doanya panjang …
– gk boleh, kt ustadzah cuma bismillah
+ kan kirana sekolahnya beda sama *tiit sensor* , kirana diajarin di sekolahnya bgitu ..
– tapi cuma bismillah ajah, kt ustadzah

Dan gw heran, knapa si emak bapaknya diem ajah sih… zzzighhhh ….πŸ˜ͺ
Akhirnya ya udah gw nyuruh ndori makan aja, toh ritual berdoanya udah slesai …

Menurut gw, gk ada yg salah… semuanya bener… kan mengharap keberkahan atas makanan yg mau dimakan …

Yg jadi masalah adalah saat adanya doktrin-doktrin (tanpa nalar) untuk bocah2 itu …
Coba yaa masalah mau makan ajah udah ribut ….
Gmanah mau ngurus perbedaan yg lain …

Gw ajah yg sama simas lebarannya pernah beda, gk rempong gitu …
Ya idul adha taun kmaren …
Simas lebaran duluan… jadinya dia plg sholat ied, malah sibuk brentiin tukang jualan yg lewat … karena seisi rumah yg laen masih puasa …

Rempong? Kagak tuh biasa ajah …
Malah si papa yg ngasih tau dmana ajah biasanya ada sholat ied yg diadain sama Muhammadiyah…

Aaahhh…
Tapi apalah gw ini, yg berhijab syar’i pun nggak … sukanya baju yg gonjreng … skali-kalinya pake gamis syar’i, ujung gamisnya malah gosyong kebelit mesin motor …
Heuuheuu

Dan masih suka parno jadinya pake gamis-gamis cyantik ala-ala selebgram gicuh … πŸ™Œ

Sayaahh maceuuhh 😝

*emak-emak banyak lagak*

2 thoughts on “Toleransi 101

  1. Buuu…ini yg bikin gue heran lo. Anak2 itu fiteohnya gak tau mana salah bener mana yang boleh sama gak. Tapi kudu diajarin. Kalau dia rebut mainan. Gw pikir wajar. Kan belum ngerti. Solusinya ya dikasih fau diajarin manner. Biar gak kebiasaan dan tahu itu ga boleh. Yang jadi masalah buat gue adalah irang dewasanya alias emak bapaknya kenapa diem aja anak begitu. Cari pemakluman. Ya maklum kalo ak baoaknya negur bertindak. Kalau gak. Gebleg. Termasuk urusan indah begini nihm sebel gue

  2. Bwhahahaaaaa……

    Kipas2… emak2 emosinya suka tingkat dewa yaakss….

    Bocah mah gmana arahan emak bapaknyaaa…
    Gw pernah dibikin shock sm ucapan anaknya temen … tante… knapa d jogja banyak bule.. bule kan kafir.. brarti jogja banyak kafir …

    Woohh darah gw mendidih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s