Posted in PJJ

PJJ, IPS Kelas 5

Hallooww…

Lama tak jumpaaaaa!!!

Yaa bukan lama tak jumpa sih, tapi karena gw-nya aja yang TERLALU LEMBAM untuk kembali goblog … heuheuheu…

Entahlah, masa pandemi yang ntah kapan akan berakhir ini menjadikan gw yang udahlah lembam, ketambahan dapet bonus lamban… sungguh kombinasi yang cucok beud … macem kata wong londo, couples made in heaven saking klop nya…

Lamban dalam hal apa???

Owh jelas… kinerja otak tampaknya berkurang cukup signifikan dengan kegiatan yg bener- bener berkutat di dapur, sumur, kasur, tempur, dan tak lupa berkumur … jangan tanya masalah pupur, karena sudah ajur 🤣🤣🤣

Lola kalo kata istilah anak 90an, alias loading lambat… heuheuheu… 😆😆

Ketika koneksi internet udah fiber, saya merasa kemampuan prosesor saya masih tersambung ke internet dial-up 😅😅

BHAIIQQLAAHHH…

Si ndori seperti hampir keseluruhan anak Indonesia lainnya juga menjalani PJJ alias Pembelajaran Jarak Jauh…

Saluuttt!! Angkat topi untuk para guru!!! 🤠🤠🤠 Jasamuuu tiadaaaa taraaa… *nyanyik*

Karena, yang bisa kulakukan hanyalah angkat tangan dan melambai ke kamera, sambil angkat kaki alias kabur… 😔😔

Ini salah satu bahan pelajarannya ndori, tentang kondisi geografis dan keberagaman suku…

Untuk baju daerah yang mainstream si ndori udah bisa jawab sendiri… tersisa beberapa gambar untuk dicocokkan… (plisss maafkan itu jari dan tangan si emak yang montog bagaikan sisiran pisang kepok)

Salah satunya gambar sepasang manusia, ke-4 dari atas…

N: ini tuh mana toh, Mbu?

Diambil dari buku tema 1 diknas, kelas 5

A: (emak aslinya juga gak yakin 100%) itu dilihat yang lakinya, iketan kepalanya mirip sama hiasan kepala dari mana? Terus cara pake sarungnya gimana? (Tampak hasil urekan emaknya)

N: hmmm… kayak iketan kepalanya Bali, tapi kan Bali udah ada mbak yg nari itu…

A: nah, yg terdekat dari Bali apa?

N: Nusa tenggara berarti… (terus dia narik garis) … ini yang nari, di atasnya Nusa Tenggara apa?

A: liat kepalanya, itu mirip sama mana? Liat motif kainnya, liat gerakan tangan si mbaknya… kayak gimana?

N: bukan tari jawa, tangannya gak begini… itu kepalanya kayak udang atau lobster yang di iklan restoran gitu… gede-gede…

(ZOONK!!!!)

A: iya bukan, tangannya tuh begini… (emak meragain di balik layar sekaligus sedikit gerakannya)

N: haduuhh apa yaaa… kayak tari piring tapi bukan, tapi kainnya kayak onti punya (si kucrit kan dapet seserahan songket) …

A: nah, tari piring dari mana? Kainnya onti dari mana?

N: dari Oom Idin …

A: Yeeeee…. maksutnya dari daerah manaaa??!!! (Emak mulai nge-gas) nama tariannya Tor-Tor, kegiatan narinya itu disebut Manortor

N: tari piring kan dari padang tuu, Sumatera Barat yaa… klo Oom Idin dari Palembang…

A: nah, itu berarti nama pulaunya apa?

N: Sumatera!!! (Yaaa teruuss narik garis lagi)

N: koq bisa gitu? Ambu tuh sok tau!!! (Oh yeaaahh seperti biasa!!)

A: untuk daerah-daerah yang letaknya berdekatan, biasanya akan ada kemiripan atau kesamaan budaya… gak sama plek tapi… karena, biasany latar belakang sejarahnya sama… dan kondisi tanah dan lingkungannya juga mirip-mirip…

N: ohh gituu… ahh, ambu paling cuma sok tau ajaa… (terus dia keluar kamar dengan santuy!!)

(Gw gejeeeg jugaa niii bocaaahh!!!)

Demikianlaah, sekedar tumpahan dan turahan kemumetan emak yang harus menemani anak PJJ…

Sebenernya, kalo perkara materi, masih bisa dioper pada Mbah Google … tapi, perkara ngeyelnya bocah ini lhoo… 🤯🤯

Yaaa amplooppp… bikin hasrat mamak untuk makan itu naek-turun macem harga saham!!! Arrghhhh….

Sampaaiii jumpaaa lagiiiii …

STAY (in)SANE…!!!

2 thoughts on “PJJ, IPS Kelas 5

  1. Jadi keinget pas jadi relawan Kelas Inspirasi, aku bikin gambar gini juga untuk anak-anak mencocokkan haha. Belajar yang seru dan ngena.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s